Kebaktian Pentakosta I – Minggu, 28 Mei 2023

Kebaktian Pentakosta I – Minggu, 28 Mei 2023 pukul 07.00 WIT dilayani oleh Sekretaris Majelis Pekerja Klasis Pulau Ambon Utara,  Pendeta. Ny. Th. Effendy/U, M.Th, bersama majelis bertugas Penatua. R. J. Siwabessy dan Diaken. Ny. J. Reawaruw/P.

“Hiduplah dalam roh kudus dan bertobatlah” : merupakan tema Pentakosta yang ditetapkan oleh Lembaga Pembinaan Jemaat Gereja Protestan Maluku, dengan aksentuasi pada pokok pikiran penting yakni :

Hanya kehidupan yang dipimpin dan dituntun oleh roh kudus saja yang mampu membuat orang bertobat. Pertobatan yang sesungguhnya tidak hanya bersifat pengakuan di bibir tetapi penyerahan diri, dan penyerahan hidup yang total kepada Allah.

‘Bagaimana hidup dalam roh kudus menuntun pada pertobatan?’ terhadap hal ini Pendeta Ella Effendy mengajak umat untuk belajar dari kisah khotbah Petrus dalam pembacaan Firman pada Kisah Para Rasul 2 : 14 – 40.

Menjadi pribadi yang berani, pribadi yang percaya dan bisa menyatakan kebenaran walaupun ada resikonya karena roh kudus akan memberanikan, menuntun, dan memberikan kekuatan untuk menyampaikan kebenaran.

Hidup berani bersaksi. Bersaksi tentang Yesus yang menderita, Yesus yang mati, Yesus yang bangkit, Yesus yang terangkat ke sorga, dan Yesus yang memberikan roh kudus. Hidup dalam Roh Kudus menuntun dalam pertobatan. Orang yang hidup dalam roh kudus adalah orang yang bersedia untuk terbuka dan diubah.

“Pertobatan hanya terjadi karena ada perubahan cara pandang karena mendengar. Panggilan untuk membuka diri, untuk mendengar, untuk bersaksi adalah juga menjadi tugas dan kewajiban kita, mari rasuki diri kita dengan cara Petrus yang  membuka diri dengan sungguh-sungguh, berani untuk berkata yang benar dan setia untuk melakukan apa yang ia tahu dan tetap membincangkannya.” Ujar Pendeta Ella Effendy di penghujung khotbahnya.

Dalam kebaktian ini juga diisi dengan persembahan pujian dari Sdr. Julian Koritelu.

Kebaktian minggu jam kedua pukul 09.00 WIT, dilayani oleh Calon Pendeta. E. Sopacuaperu, S.Si Teol, M.Fil, dengan majelis bertugas Penatua. R. J. Siwabessy dan Diaken. S. Rumalean/S.

Pengisi pujian pada kebaktian minggu jam kedua Paduan Suara Sektor IV dan solois Nesya Matuankotta.

Pada kebaktian minggu jam kedua, dilakukan penyerahan beasiswa tahap 1 secara simbolis oleh Wakil Ketua Pimpinan Harian Majelis Jemaat (PHMJ), Penatua. W. Girsang kepada salah seorang anak penerima beasiswa. Para anak-anak penerima beasiswa telah melalui seleksi dari majelis jemaat di tiap unit pelayanan.

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email